Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sifat Wanita yang Tidak Boleh Dinikahi Menurut Islam

Sifat Wanita yang Tidak Boleh Dinikahi Menurut Islam
Images: Pixabay
Memilih wanita untuk dijadikan istri harus selektif dan hati-hati, apalagi dalam islam ada beberapa wanita yang tidak pantas untuk dijadikan istri. Alih-alih menjadi tempat pulang ternyaman bagi suami, wanita-wanita ini hanya akan menjadi beban dan sumber masalah nantinya. 

Rasullah SAW bersabda: ''Wanita dinikahi karena empat perkara; karena hartanya, keturunannya, kecantikannya, dan agamanya; maka pilihlah wanita yang taat beragama, niscaya engkau akan beruntung.''

Dari hadist diatas sudah jelas bahwa kecantikan bukanlah modal utama untuk menjadi istri. Untuk laki-laki agar tidak salah pilih, berikut ciri-ciri wanita yang tidak boleh dinikahi.

1. Wanita yang Suka Mengeluh

Menikahi wanita yang suka mengeluh menjadi beban tersendiri dalam menjalani biduk rumah tangga, sebab yang namanya hidup tidak selalu berjalan mulus, sedikit banyaknya pasti ada masalah yang akan timbul nantinya. 

Bayangkan jika punya istri suka mengeluh, nafkah kurang mengeluh, dikasih ujian dikit mengeluh. Sifat seperti ini hanya akan memicu banyak konflik dalam rumah tangga.

2. Wanita yang Sombong

Wanita yang sombong dan terlalu membanggakan diri jelas tidak baik untuk dijadikan istri. Karena tidak hanya sikap, bicaranya wanita sombong kerap kali menyakiti hati, apalagi sebagai wanita sudah selayaknya menjadi surga dirumah untuk suami agar tercipta suasana yang diberkahi. 

Nabi SAW bersabda: ''Tidak akan masuk surga orang yang dalam hatinya ada sifat sombong, walaupun hanya seberat biji sawi.'' (HR. Muslim)

3. Wanita Pelamas

Salah satu kriteria istri idaman dalam islam itu ialah yang mampu memenuhi kewajibannya sebagai ibu rumah tangga. Walaupun punya suami yang bisa memenuhi segalanya yang namanya kewajiban harus dikerjakan. 

Selain itu, laki-laki menikahi wanita bukan hanya sekedar ingin ditemani tapi juga ingin dirawat.

4. Cewek Matre

Memang semua butuh uang, tapi istri dengan sifat matre akan membawa dampak buruk bagi prekonomian keluarga. Untuk itu, islam melarang untuk menjadikan wanita dengan sifat ini menjadi pendamping hidup.

5. Wanita Keras Kepala

Wanita yang keras kepala cenderung susah untuk diingatkan saat melakukan kesalahan, mau menang sendiri dan kekeh dengan pendiriannya. Bisa dibayangkan betapa merepotkannya kalau mendidik istri seperti ini.

6. Wanita Pendendam

Wanita pendendam juga tidak layak untuk dijadikan istri, sebab mereka akan selalu mengingat hal tidak menyenangkan yang pernah orang lain perbuat. Padahal, sebagai wanita apalagi statusnya sebagai istri sudah sepantasnya untuk memiliki hati yang lembut dan pemaaf.

7. Wanita yang Suka Selingkuh

Belakangan banyak sekali wanita yang melakukan perbuatan serong dengan pria lain, dan mirisnya lagi perilaku tersebut justru dianggap sesuatu yang wajar dan terkesan dimaklumi. 

Padahal, dalam islam wanita yang suka selingkuh tidak baik untuk dijadikan istri. Karena mereka tidak hanya menjatuhkan harga diri suami, tapi juga sudah menjatuhkan martartabatnya sebagai wanita muslimah.

Post a Comment for "Sifat Wanita yang Tidak Boleh Dinikahi Menurut Islam"