Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Dampak Buruk Medsos Bagi Anak dan Solusinya

4 Dampak Buruk Medsos Bagi Anak dan Solusinya
Images: Pixabay
Dengan pesatnya perkembangan teknologi semakin mempermudah kita dalam melakukan banyak hal dengan memanfaatkan media sosial. Bekerja, belanja, bahkan silaturahmi bisa dikakukan hanya dengan membuka sosial media.

Namun dibalik segala kemudahan yang ditawarkan oleh sosial media, ada sisi buruk yang harus diwaspadai, lebih-lebih bagai anak yang masih berstatus pelajar. Berikut ini dampak buruk media sosial bagi pelajar.

1. Termakan Berita Hoax

Mudahnya mengakses media sosial membuat anak-anak lebih gampang dalam mengetahui berita-berita update, mulai dari berita yang mengedukasi sampai berita-berita bohong yang sengaja dibuat untuk merusak. 

Dalam hal ini peran orang tua sangat diperlukan untuk memantau dan mengawasi kegiataan buah hati dalam berselancar disosial media. 

2. Anak Menjadi Malas

Karena terlalu asik dengan sosial media akan membuat buat hati malas untuk berinteraksi didunia nyata, mereka lebih nyaman memperluas ruang geraknya didunia maya. Tidak hanya itu saja, kesempatan untuk belajar akan terhambat karena media sosial dianggap lebih mengasikkan.

Sebaiknya atur jadwal dengan baik, kasih tau kapan waktunya belajar dan kapan waktunya untuk bermain sosial media.

3. Tidak Perduli Dengan Lingkungan

Kecanduan sosial media akan membuat anak lebih cuek dengan lingkungan sekitar, dan bukan tidak mungkin mereka akan terbentuk menjadi pribadi yang anti sosial. Hal ini terjadi karena menurutnya dunia maya jauh lebih asik daripada dunia nyata.

Untuk itu jangan heran ketika ada anak yang dulunya aktif berinteraksi dengan orang lain tiba-tiba jadi tidak berminat lagi setelah kenal sosial media. 

4. Sulit Berkomunikasi

Sosial media memang sarana paling mengasikkan untuk berinteraksi dengan orang lain. Bahkan tidak hanya informasi, kita juga bisa ngobrol banyak hal dengan orang lain hanya dengan menggunakan media sosial. 

Namun hati-hati, seringnya berinteraksi disosial media akan mengganggu kecakapan seseorang saat berkomunikasi didunia nyata.



Post a Comment for "4 Dampak Buruk Medsos Bagi Anak dan Solusinya"