Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Cara Berkomunikasi Dengan Orang Introvert Agar Nyaman

5 Cara Berkomunikasi Dengan Orang Introvert Agar Nyaman
Images: Pixabay
Menghadapai orang dengan kepribadian introvert tidak sama dengan menghadapi orang kebanyakan, harus hati-hati agar tidak melukai perasaannya. Kenapa harus hati-hati? karena orang dengan kepribadian introvert sangat sulit ditebak maunya apa, alih-alih ingin akrab justru terkadang malah membuat mereka tidak nyaman.

Apa Itu Introvert

Introvert adalah kepribadian yang cenderung berfokus pada pikiran dan juga perasaan. Dimana mereka lebih dulu berpikir dan menggunakan perasaannya sebelum mewujudkan dalam bentuk tindakan. 

Selain itu, introvert juga lebih senang kalau menghabiskan waktunya sendirian atau dengan orang yang benar-benar membuat mereka nyaman. 

Sebenarnya ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan agar bisa membuat introvert nyaman berteman dengan kita. Berikut diantaranya:

1. Jangan Diperintah

Dalam situasi apapun baik dilingkungan kerja atau kehidupan sehari-hari, jangan pernah mengeluarkan perintah pada orang introvert. Perintah bagi orang dengan kepribadian introvert sama dengan tindakan semena-mena.

Sebenarnya tanpa diperintah, mereka akan mampu mengerjakan sesuatu lebih dari apa yang kalian minta.

2. Jangan Dipaksa

Cenderung diam bukan berarti introvert harus dipaksa mengikuti semua omongan orang lain, dia punya pendapat sendiri dan menurutnya orang lain tidak berhak mengabaikan pendapat yang dia miliki. 

3. Dianggap Bodoh

Diamnya introvert seringkali disalah artikan oleh orang lain, banyak yang mengira introvert tidak bisa diajak mikir karena minim berbicara. Padahal yang diam itulah yang kadang mengeluarkan ide-ide tidak terduga. 

Selain itu, tidak usah meragukan kalau introvert mengutarakan pendapat, sebab mereka sudah memikirkan dengan sangat matang.

4. Jangan Berkhianat

Introvert bisa berteman dengan siapa aja asal bisa membuatnya nyaman dan menerima apa adanya. Namun hati-hati, dibalik sifatnya yang selalu menerima banyak orang mereka akan berubah bringas kalau dikhianati. 

5. Lupa Budi

Introvert punya daya ingat yang cukup kuat untuk menyimpan rentetan-rentetan kisah yang terjadi dalam hidupnya, jadi tidak heran jika akan orang yang tidak tau terima kasih sementara sudah pernah ditolong introvert akan merasa sakit hati. 

Hal ini bukan tanda bahwa dia tidak tulus dalam memberi pertolongan, tapi sebagai bentuk protes kenapa kebaikannya harus disia-siakan. 

Itulah cara menghadapi introvert. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "5 Cara Berkomunikasi Dengan Orang Introvert Agar Nyaman"