Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Ciri-ciri Orang yang Beneran Baik dan Tulus

6 Ciri-ciri Orang yang Beneran Baik dan Tulus
Images: pexels.com
Hidup adalah perjalan yang tidak semua orang bisa menebak dengan jelas, selalu ada hal terselubung yang tidak kita ketahui. Seperti halnya orang berbuat baik, kadang terbesit pertanyaan apakah dia beneran baik atau cuma pura-pura baik karena ada yang dia ingin capai.

Intinya jangan mudah percaya sama hal-hal yang belum kita telusuri dengan baik, karena pada akhirnya kita sendiri yang kecewa kalau salah menilai orang. Berikut Ciri-ciri orang yang benar-benar baik.

1. Selalu Membantu Tanpa Pamrih

Orang yang benar-benar baik tidak akan mengharap sesuatu atas apa yang sudah ia lakukan kepada orang lain, termasuk timbal balik sebagai balasan. Ia akan mengulurkan tangan dengan tulus tanpa berpikir panjang itu menguntungkan atau tidak bagi dirinya.

2. Tidak Pamer Kebaikan

Dizaman sekarang banyak sekali kebaikan yang sengaja dipertontonkan dengan harapan orang harus tau kalau dirinya sedang berbuat baik. Hal ini dilakukan agar dapat simpati publik lebih banyak, dan apapun yang ia lakukan orang lain selalu memberi dukungan.

3. Penuh Empati

Orang yang mudah peka akan kondisi orang lain merupakan ciri-ciri dia orang baik, bahkan dia lebih tau sebelum orang lain mengatakannya. Ikut menjadi pendengar yang baik dan ikut merasakan kesedihan orang lain. MasyaAllah.

4. Ramah dan Murah Senyum

Senyum adalah ibadah, dan orang yang sering menebar senyuman tulus kepada sesama merupakan gambaran orang baik. Selain itu, mereka senantiasa bersikap ramah tidak perduli bagaimana kondisi hatinya sendiri. 

5. Toleransi

Orang baik tidak akan membeda-bedakan dalam memperlakukan orang lain, sekalipun orang tersebut terlihat berbeda. Sifatnya yang saling menghargai sudah tertanam dengan kuat bersamaan dengan kebaikan-kebaikannya yang lain. 

Seperti yang kita ketahui bersama, kita hidup dalam lingkungan yang tidak semuanya sama. Suku, agama, bahasa dan warna kulit selalu kelihatan berbeda. Itulah kenapa sifat toleransi sangat dibutuhkan untuk menghindari perpecahan.

6. Mudah Memberi Maaf

Dengan segudang kebaikan yang ditampilkan orang baik juga punya perasaan marah dan kecewa ketika ada yang menyakiti hatinya. Namun bukan sifat orang baik jika menyimpan dendam tak berkesudahan, selalu ada maaf darinya kepada siapapun yang memberi dia luka. 

Sebab orang baik sudah cukup berdamai dengan dirinya sendiri dan sudah percaya penuh kepada Tuhannya, baginya membalas bukan tugas yang harus dia lakukan sendiri. 

Itulah ciri-ciri orang yang benar-benar mempunyai hati yang baik, bukan sekedar pura-pura demi sebuah pujian.

Post a Comment for "6 Ciri-ciri Orang yang Beneran Baik dan Tulus"